Inovasi Praktis Pesan Bahan Bangunan dan Sewa Alat Bangunan

Sedang memasang instalasi listrik rumah? Baca dulu artikel ini!

GoCement_Sedang-memasang-instalasi-listrik-rumah-Baca-dulu-artikel-in

Instalasi listrik adalah hal yang tidak bisa dilepaskan dari sebuah rumah. Jika kamu sedang merencanakan membangun rumah atau melihat – lihat rumah untuk dibeli, rangkaian instalasi listrik harus dipahami secara mendalam. Instalasi listrik rumah merupakan sebuah sistem listrik yang semuanya terhubung.

Semua sumber listrik rumah dan bangunan di Indonesia dikelola oleh PLN. Meski begitu, PLN hanya menyediakan meteran dan aliran listrik saja. Perusahaan tidak akan memasang instalasi listrik di setiap rumah atau bangunan. Maka dari itu, kamu sebagai pemilik hunian harus mengerti betul mengenai instalasi listrik.

 

Definisi Instalasi Listrik Rumah

Instalasi listrik merupakan sebuah rakitan perlengkapan listrik pada bangunan yang berkaitan satu sama lain. Pemasangan instalasi listrik memiliki tujuan atau maksud tertentu dan memiliki karakteristik terkoordinasi. Dalam kehidupan manusia, listrik memiliki peran dan fungsi yang sangat esensial. Maka, perencanaan harus dilakukan dengan teliti dan benar. Pemasangan sistem instalasi listrik harus mengacu pada peraturan dan ketentuan yang berlaku pada PUIL 2000 dan Undang – Undang Ketenagalistrikan 2002. Meskipun sebuah rumah tidak memerlukan energi listrik sebanyak gedung bertingkat, pendistribusian energi listrik harus diperhitungkan sebaik mungkin agar aliran listrik dapat terpenuhi dengan baik.

 

Jenis Instalasi Listrik Rumah

Instalasi listrik bisa dibagi menjadi dua bagian, yaitu instalasi penerangan listrik dan instalasi daya listrik. Instalasi penerangan listrik adalah energi listrik yang digunakan untuk lampu. Tenaga listrik diubah menjadi cahaya yang akan menerangi sebuah ruangan sesuai dengan kebutuhannya. Instalasi penerangan bertujuan untuk memberikan kenyamanan terhadap penghuni di rumah. Misalnya, memberikan penerangan pada titik – titik rumah yang tidak mendapatkan penerangan besar dari jendela atau pintu.

Instalasi daya listrik adalah listrik yang digunakan untuk menjalankan alat teknologi, seperti mesin atau pompa. Energi listrik diubah menjadi energi mekanis sesuai dengan kebutuhan manusia. Misalnya untuk menyalakan televisi, kulkas, pompa air, mesin cuci, dan lain sebagainya.

 

Prinsip Dasar Instalasi Listrik Rumah

Terdapat beberapa prinsip dasar instalasi listrik yang harus dijadikan pertimbangan pada saat proses perancangan dan pemasangan.

  1. Keamanan – instalasi listrik tidak boleh mengancam keamanan manusia, ternak, dan barang lainnya.
  2. Keandalan – instalasi listrik harus andal secara mekanik maupun elektrik. Instalasi listrik bekerja pada nilai nominal tanpa timbul kerusakan. Prinsip keandalan juga termasuk ketepatan pengamanan untuk menanggapi jika terjadi keadaan tidak normal.
  3. Ketersediaan – instalasi listrik harus siap untuk memenuhi kebutuhan baik daya, gawai, dan perluasan instalasi.
  4. Ketercapaian – instalasi listrik mudah dijangkau dan dioperasikan oleh pengguna.
  5. Keindahan – instalasi listrik harus sesuai dengan peraturan yang sudah diberlakukan sebelumnya. Posisi instalasi listrik juga harus sesuai pada tempatnya.
  6. Ekonomis – biaya instalasi listrik harus sehemat mungkin. Meski demikian, mutu peralatan tetap harus diutamakan.

 

Pemasangan Instalasi Listrik Rumah

Pemasangan instalasi listrik direkomendasikan untuk dilakukan oleh profesional. Namun, kamu bisa melakukannya sendiri jika mengetahui pedoman pemasangan instalasi. Memasang instalasi listrik sederhana bisa dilakukan secara mandiri jika ingin lebih hemat. Pastikan kabel berstandar SNI untuk menjaga keamanan penghuni rumah. Kabel berstandar SNI tidak hanya terjamin lebih aman, namun juga tidak mudah terkikis. Pastikan jalur instalasi listrik terbagi dengan baik. Jika terjadi konsleting atau kerusakan, akan lebih mudah untuk ditangani bila terdapat beberapa jalur instalasi listrik. Untuk peralatan listrik yang membutuhkan daya besar, buatkan jalur instalasi sendiri. Hal ini untuk memastikan agar tegangan listrik menjadi lebih stabil.

Pertimbangkan untuk memasang grounding atau arde dalam hunianmu. Pemasangan grounding dapat melindungi listrik dari kebocoran arus. Misalnya, jika rumahmu terkena sambaran petir, konsleting, atau sengatan aliran listrik dari bangunan lain, grounding akan membatasi resiko berbahaya. Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah pengecekan kualitas instalasi listrik secara berkala. Selalu jadwalkan tanggal pengecekan. Pastinya, setelah pemakaian selama beberapa waktu, akan ditemukan kerusakan. Ganti kabel atau perangkat lainnya yang sudah rusak.

 

Memang terlihat sulit, namun ternyata instalasi listrik rumah bisa dilakukan secara sederhana. Pastinya, jika kamu tidak merasa yakin mengenai perihal instalasi listrik, langsung konsultasikan kepada pekerja profesional. Apapun metode yang dipilih, kamu harus mengetahui dengan baik proses pemasangan instalasi listrik rumah.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai permasalahan pembangunan rumah? Cek artikel ini!

Blog lainnya

Bingung Cara Pemasangan Keramik Lantai? Baca Dulu Artikel Ini!

Ternyata memasang keramik tidak sulit, lho! Baca artikel di bawah untuk mengetahui cara pemasangan keramik!

Tiang Pancang Beton, Apa Sih Bedanya Dengan Pondasi Lain?

Tiang pancang beton cukup sering digunakan dalam dunia konstruksi. Baca artikel ini untuk lebih tahu tentang tiang pancang beton!

13 Toko Bangunan Surabaya Terbaik dan Terlengkap!

Kalau kamu mencari toko bangunan Surabaya, kamu datang ke tempat yang tepat! Tapi, mari kita pahami dulu jenis-jenis toko bahan bangunan.