Inovasi Praktis Pesan Bahan Bangunan dan Sewa Alat Bangunan

Cara Mudah Mengatasi Tembok Retak, Baca Dulu Artikel Ini!

GoCement_Cara Mudah Mengatasi Tembok Retak, Baca Dulu Artikel Ini!

Tembok retak adalah salah satu masalah yang kerap ditemui pada sebuah bangunan. Bahkan pada rumah atau bangunan baru, tembok retak bisa terjadi. Tidak hanya mengganggu estetika bangunan, jika tidak ditangani lebih lanjut tembok retak bisa menimbulkan bahaya. Jika kamu ingin mengetahui cara mengatasi tembok retak tanpa bantuan tukang, baca terus artikel di bawah ini.

Sebelum merenovasi tembok retak, ketahui terlebih dahulu alasan mengapa keretakan bisa terjadi. Keretakan tembok seringkali diakibatkan oleh air hujan atau rembesan dari sumber air lainnya. Lokasi hunian juga bisa menjadi salah satu faktor mengapa tembok bisa retak. Misalnya, tekstur tanah atau lokasi hunian yang dekat dengan rawa. Selain itu, kualitas dinding yang buruk ketika masa pembangunan juga dapat mengakibatkan keretakan pada tembok. Hal ini dapat berpengaruh tingkat kekokohan bangunan.

Untuk keretakan yang kecil, kamu bisa mengatasi keretakan tembok sendiri loh! Selain hemat biaya, kamu juga bisa memastikan kualitas perbaikan hingga selesai. Namun, apabila keretakan cukup besar dan terlihat parah, ada baiknya kamu langsung meminta bantuan jasa renovasi terpercaya, ya. Berikut adalah cara mengatasi tembok retak!

 

Bersihkan permukaan cat pada dinding

Sebelum memulai proses mengatasi tembok retak, pastikan dinding bersih dari kotoran dan debu. Dengan lap kain setengah basah, usap permukaan tembok dengan perlahan. Pastikan kotoran – kotoran seperti jamur, lumut, dan bercak lainnya hilang pada daerah keretakan. Jika terdapat paku, gunakan palu untuk mengangkatnya. Setelah selesai, lap lagi dengan kain kering bersih.

 

Amplas permukaan tembok

Langkah kedua dalam mengatasi tembok retak adalah mengamplas permukaan tembok. Gunakan amplas kasar untuk menggosok permukaan tembok. Gosok terus hingga acian tembok terlihat. Setelah selesai mengamplas, lap permukaan tembok menggunakan lap basah. Tembok akan terlihat lembab dan siap untuk proses selanjutnya.

 

Gunakan wall filler pada tembok retak

Gunakan semen khusus untuk mengisi tembok retak bernama wall filler. Semen ini berfungsi untuk mengatasi masalah tembok retak pada sebuah bangunan. Siapkan wall filler sesuai dengan instruksi pada kemasan. Ratakan campuran semen pada permukaan tembok yang retak. Lakukan langkah ini dengan hati – hati. Pastikan wall filler terpasang rata, tanpa ada bagian yang menonjol atau gelembung udara.

 

Oleskan cat plamir pada tembok

Setelah lapisan wall filler kering, waktunya untuk mengoleskan cat plamir pada tembok. Cat plamir memiliki fungsi yang berbeda dengan cat pada umumnya. Cat plamir tidak digunakan untuk mewarnai tembok, melainkan untuk meratakan tekstur dinding. Aplikasikan cat plamir dengan teliti dan hati – hati. Lapisan cat plamir sangat penting untuk menjaga atau memastikan agar tembok menjadi lebih kuat dan tidak akan retak kembali.

 

Proses finishing

Langkah terakhir tentunya adalah tahap finishing. Pada tahap terakhir, langkah yang harus dilakukan adalah kembali mengamplas dinding setelah lapisan cat plamir kering total. Pengamplasan dilakukan agar permukaan kembali menjadi halus dan menyatu dengan area di sekelilingnya. Setelah mengamplas, aplikasikan cat tembok dengan warna yang sama dengan area lainnya. Dengan begitu tembok rumah akan kembali terlihat seperti sedia kala. Begitu cat tembok kering, bersihkan daerah yang terkena kotoran pada saat proses perbaikan.

 

Itu tadi adalah pembahasan singkat mengenai cara mengatasi tembok retak. Cara – cara ini hanya mempan untuk keretakan ringan atau yang tidak terlalu parah. Jika keretakan rumah bisa mempengaruhi kekuatan struktur rumah, langsung hubungi jasa renovasi terdekat!

Menjaga kondisi dan kualitas rumah tidaklah mudah. Selain keretakan, dinding juga bisa terkena beberapa masalah lainnya seperti rembes. Sebelum terjadi rembesan air yang dapat berakibat fatal, baca artikel ini.

Blog lainnya

Apa Sih Bedanya Ready Mix Beton dan Site Mix Beton?

Di dalam dunia konstruksi, beton memiliki banyak jenis dan bentuk lho. Ada site mix beton dan ready mix beton. Apakah perbedaannya? Cari tahu di sini!

Tips dan Trik Sewa Molen Cor! Perhatikan Baik – Baik Ya!

Kalau mau ngecor, pastinya kita membutuhkan molen cor. Buat kamu yang ingin sewa molen cor, ikuti beberapa tips dan trik dibawah ini!

Simak 3 sewa alat pertukangan wajib untuk renovasi rumah!

Ketika renovasi, tidak hanya bahan dan material yang perlu kita persiapkan, tapi juga alatnya. Namun, sewa alat pertukangan apa saja yang kita butuhkan?