Inovasi Praktis Pesan Bahan Bangunan dan Sewa Alat Bangunan

Bingung Cara Pemasangan Keramik Lantai? Baca Dulu Artikel Ini!

Keramik lantai adalah hal yang penting dalam semua hunian. Buat kalian yang sedang membangun atau merenovasi rumah, ternyata cara pemasangan keramik sendiri tergolong proses yang mudah, lho.

Banyak pemilik rumah memilih bahan keramik untuk lantai karena sifatnya yang mudah dibersihkan. Selain gampang untuk dibersihkan terdapat banyak motif dan warna keramik yang tersedia di pasaran. Dari keramik biasa, teraso, hingga batu alam, kamu bisa pilih keramik lantai sesuai dengan kebutuhanmu.

Kamu bisa menghemat biaya sewa tukang bangunan dengan memasang keramik sendiri di rumah. Memasang keramik lantai bisa kamu lakukan sendiri tanpa memerlukan bantuan tukang bangunan. Prosesnya tidak rumit, hanya saja kamu harus paham langkah pengerjaannya. Baca baik – baik artikel di bawah untuk mengetahui cara pemasangan keramik lantai!

 

GoCement_Bingung-Cara-Pemasangan-Keramik-Lantai-Baca-Dulu-Artikel-Ini_1

 

Pelajari jenis keramik apa yang akan digunakan

Sebelum melakukan pemasangan, cek terlebih dahulu keramik apa yang akan kamu pakai. Pilih keramik dengan ukuran dan motif yang sesuai dengan hunianmu. Jika kamu sudah menemukan yang cocok, periksa lagi kualitas keramik lantai yang kamu pilih. Selalu pilih kualitas yang paling baik untuk meminimalisir adanya keretakan atau kerusakan pada lantai di masa depan.

 

Persiapkan semua bahan yang kamu butuhkan

Siapkan semua peralatan dan bahan yang kamu perlukan untuk proses pemasangan. Pastinya, jangan lupa untuk mempersiapkan keramik yang kamu sudah pilih. Selalu beli keramik lebih banyak dari yang dibutuhkan untuk berjaga – jaga. Tidak hanya keramik, jangan lupa beli beberapa bahan lainnya seperti semen khusus keramik, papan aplikator, meteran, sarung tangan, alat pembuat jarak pada keramik (tile spacer), benang tebal, spons, alat tulis (pensil, spidol, atau pulpen) dan nat keramik.

 

GoCement_Bingung-Cara-Pemasangan-Keramik-Lantai-Baca-Dulu-Artikel-Ini_2

 

Ukur luas lantai

Ukur luas lantai menggunakan meteran. Berikan penanda menggunakan alat tulis pada bagian yang sudah diukur. Menggunakan penanda yang sudah dibuat, tempelkan benang tebal lalu gunting. Benang tebal berfungsi untuk menentukan jalur pemasangan. Hal ini membantu memastikan keramik tetap lurus dan simetris.

 

Lakukan simulasi pemasangan keramik tanpa bahan perekat

Tempelkan keramik tanpa bahan perekat pada lantai. Pastikan lagi tata letak lantai sudah cocok dengan garis penanda yang sudah dibuat sebelumnya. Selalu gunakan alat tile spacer agar jarak antar keramik tertata rapi. Simulasi pemasangan keramik berfungsi untuk mengecek apakah ada bagian yang tidak dapat terpasang sampai penuh.

 

Rendam keramik yang sudah disiapkan dalam air

Meski sering dilupakan, langkah ini sangat penting! Merendamkan keramik ke dalam air akan membuat pori – pori keramik terbuka. Material keramik akan menjadi lebih elastis dan mudah tertempel pada proses pemasangan. Keramik yang sudah direndam dalam air tidak akan mudah lepas setelah dipasangkan pada lantai rumah.

 

Mulai pasang keramik dengan semen perekat

Aduk semen khusus keramik sesuai dengan instruksi kemasan. Jangan lupa untuk buang kerikil pada campuran semen agar lantai tetap rata. Mulai aplikasikan campuran semen basah pada bagian bawah lantai. Gunakan sarung tangan agar tangan tidak terkena semen. Tempel keramik kemudian tekan dengan papan atau barang yang memiliki alas datar. Bila sudah berhasil satu baris, lanjutkan ke baris selanjutnya.

 

Tahap pengeringan dan finishing

Setelah pemasangan keramik, tunggu 2 hingga 4 hari untuk keramik lantai kering. Setelah kering, aplikasikan semen oker atau nat. Nat keramik berfungsi untuk mengisi celah – celah pada keramik yang sudah terpasang. Pastikan semua celah keramik sudah terisi penuh dengan nat keramik. Jangan sampai ada rongga udara yang masuk.

 

Amankan area pemasangan keramik lantai

Keramik yang dipasang tidak boleh diinjak – injak paling tidak selama 2 hingga 3 hari. Keramik lantai yang baru dipasang sangat rentan untuk retak atau rusak karena campuran semen di bawahnya belum kuat untuk menahan beban. Setelah keramik sudah kering secara menyeluruh, gunakan spons untuk menghilangkan noda – noda nat.

 

Nah, keramik lantai sudah siap untuk digunakan. Ternyata, cara pemasangan keramik tidak terlalu susah. Jika kamu ingin menghemat anggaran pembangunan atau renovasi rumah, kamu bisa mencoba cara di atas.

Bingung cari campuran semen untuk perekat keramik lantai? Coba baca dulu artikel ini! Jangan lupa cari produk yang sesuai kebutuhan dan anggaran.

Blog lainnya

Cek Harga Cat Tembok di Akhir Tahun 2021!

Sedang bingung mencari cat tembok untuk pembangunan atau renovasi rumah? Tenang, coba baca artikel di bawah ini untuk inspirasi dan informasi harga cat tembok pada akhir tahun 2021.

Apa Sih Bedanya Ready Mix Beton dan Site Mix Beton?

Di dalam dunia konstruksi, beton memiliki banyak jenis dan bentuk lho. Ada site mix beton dan ready mix beton. Apakah perbedaannya? Cari tahu di sini!

Ini Cara Bikin Biaya Renovasi Rumah Tetap Hemat

Cek beberapa saran berikut sebelum memulai proyek renovasi rumahmu. Kami jamin biaya renovasi rumah akan jadi lebih hemat dan sesuai bujet.