Inovasi Praktis Pesan Bahan Bangunan dan Sewa Alat Bangunan

6 Inspirasi Jenis Plafon Minimalis untuk Rumahmu!

Plafon adalah bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah rumah. Dari plafon rumah unik hingga plafon rumah minimalis, banyak sekali desain plafon yang kamu bisa pilih untuk hunianmu.

Secara umum, plafon lebih dikenal dengan istilah langit – langit. Dalam dunia kontraktor, plafon adalah permukaan interior atas yang terhubung langsung dengan bagian atas sebuah ruangan. Fungsi utama plafon adalah sebagai pembatas di antara ruang atap dengan ruang – ruang lain dalam sebuah hunian. Plafon juga berfungsi untuk menutupi instalasi kabel dan pipa yang terpasang dalam ruang atap rumah, ruangan menjadi terlihat bersih dan tidak tampak rangkanya. Selain itu, plafon sangat berperan sebagai penahan panas agar ruangan di bawahnya tetap sejuk. Plafon yang berhasil dipasang dengan baik dapat membantu memperlancar sirkulasi udara dan meredam suara.

Tidak hanya secara fungsional, plafon juga dapat mengubah tampilan dan menambahkan nilai keestetikan rumah. Tergantung bahan dan material yang digunakan, tampilan interior rumah akan tampil berbeda.

GoCement_6 Inspirasi Jenis Plafon Minimalis untuk Rumahmu

Jika kamu ingin mengubah tampilan rumah menjadi lebih minimalis, desain plafon sangat penting. Simak beberapa inspirasi jenis plafon rumah minimalis di bawah untuk mempercantik hunian!

 

Plafon Gypsum

Plafon gypsum adalah salah satu tipe plafon yang paling populer digunakan. Banyak rumah dengan gaya minimalis menggunakan plafon berbahan gypsum untuk interiornya. Cara pemasangan plafon gypsum tidak sulit dan tersedia dalam berbagai macam motif yang sesuai dengan kebutuhan dan seleramu. Plafon dengan model gypsum dapat ditutup dengan sempurna. Sambungan plafon gypsum mudah untuk ditutup, sehingga hasil pekerjaan akan lebih sempurna. Rentang harga plafon gypsum adalah Rp 50.000 hingga Rp 60.000 per lembar.

 

Plafon Triplek Kayu

Plafon triplek kayu sangat digemari karena proses instalasinya yang tergolong mudah. Material plafon triplek kayu juga mudah untuk ditemukan di pasaran, sehingga harga cukup terjangkau. Plafon ini cocok buat kalian yang ingin menghemat anggaran dalam renovasi atau pembangunan rumah. Desain plafon ini dapat memberikan kesan yang hangat dan rapi dalam sebuah ruangan. Selain itu, plafon triplek kayu dapat membuat hunian terkesan lebih natural sehingga penghuni rumah menjadi lebih betah. Rentang harga plafon triplek kayu adalah Rp 160.000 hingga Rp 300.000 per meter persegi.

 

Plafon Eternit

Plafon eternit memiliki sifat tahan api dan tidak mudah rusak ketika terkena rembesan air. Namun, ukuran plafon yang satu ini tergolong kecil, yaitu sekitar 100 x 50 cm. Pemasangan plafon eternit tergolong susah karena sifatnya yang rapuh dan mudah retak. Rentang harga plafon eternit adalah Rp 40.000 hingga. Rp 90.000 per lembar. Pastikan lagi ukuran lembaran eternit sebelum melakukan pemasangan.

 

Plafon Metal

Buat kalian yang ingin memberikan sentuhan artistik pada interior rumah, jenis plafon metal adalah pilihan tepat. Plafon metal tahan terhadap air, api, rayap, dan benturan keras. Selain itu, plafon metal cenderung lebih awet ketika dibandingkan dengan plafon lainnya. Plafon ini disusun dari lempengan – lempengan metal tipis yang diukir dengan motif yang disesuaikan dengan selera. Cat minyak akan digunakan untuk melakukan finishing plafon. Rentang harga plafon metal adalah Rp 90.000 per lembar.

 

Plafon Akustik

Jika kamu menginginkan ketenangan dan privasi, plafon akustik adalah jawabannya. Ide plafon rumah minimalis ini terbuat dari bahan dasar serat mineral rockwool. Material inilah yang membuat plafon menjadi kedap suara. Plafon akustik sering dipasang pada ruangan yang membutuhkan ketenangan seperti auditorium, ruang musik, ruang rapat, balai pertemuan, bioskop, dan lainnya. Proses pemasangan plafon akustik tidak membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, bobot materialnya ringan. Rentang harga plafon akustik adalah Rp. 220.000 per meter persegi.

 

Plafon GRC

GRC adalah singkatan dari glassfiber reinforced cement board. Material ini terbuat dari campuran semen dan serpihan kaca. Kandungan glassfiber dalam plafon GRC membuat plafon bersifat lebih luwes. Jika dibandingkan secara material, plafon GRC memiliki karakteristik yang mirip dengan plafon eternit. Plafon GRC tahan terhadap api dan air. Saat ini, banyak rumah yang memanfaatkan GRC untuk menimbulkan kesan plafon rumah minimalis. Namun, proses instalasi plafon GRC termasuk rumit dan mudah retak jika terkena benturan. Atmosfir rumah akan terlihat lebih mewah jika menggunakan plafon GRC. Rentang harga plafon GRC adalah Rp 60.000 hingga Rp 140.000.

 

Bagaimana? Apakah kamu sudah mendapatkan inspirasi plafon rumah minimalis? Itulah beberapa jenis plafon rumah minimalis. Tentunya, setiap jenis plafon memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Pastikan jenis plafon yang dipilih sudah sesuai dengan anggaran, desain hunian, dan seleramu.

Jangan lupa untuk menyesuaikan jenis plafon dengan warna cat rumah kamu. Untuk mendapatkan inspirasi warna cat rumah minimalis, cek dulu artikel ini. Ingat, segala kebutuhan bahan bangunan bisa kamu beli di aplikasi GoCement!

Blog lainnya

5 Tips Meningkatkan Penjualan di Toko Bahan Bangunan!

Agar toko bahan bangunan dapat bertahan bahkan berkembang, kamu harus kembangkan strategi pemasaran untuk menarik perhatian & minat pelanggan.

Bingung Cara Pemasangan Keramik Lantai? Baca Dulu Artikel Ini!

Ternyata memasang keramik tidak sulit, lho! Baca artikel di bawah untuk mengetahui cara pemasangan keramik!

Mau Tahu Harga Plesteran Dinding? Baca Lebih Lanjut!

Buat kalian yang sedang pusing memikirkan rencana renovasi atau pembangunan rumah, pasti pernah mendengar kata plesteran dinding. Dalam proses pembangunan, tahapan ini seringkali diremehkan. Akan tetapi, memplester dinding merupakan langkah penting yang harus dilakukan. Tentunya, proses plester dinding tidak boleh dilakukan secara asal – asalan. Jika kamu penasaran mengenai apa itu plesteran, fungsi plesteran, jenis […]